Baca Berita

Pemilih Cerdas Tentukan Nasib Bangsa

Oleh : kpukarangasem | 24 Mei 2017 | Dibaca : 832 Pengunjung

(Div.Humas-KPU Karangasem) Dinamika demokrasi Indonesia berpengaruh terhadap pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) di berbagai daerah di Indonesia. Sebagai wujud demokrasi, Pemilu merupakan tatanan sistem dalam rekruitmen politik di negara kesatuan Indonesia. Sehingga politik sangat menentukan arah pembangunan bangsa Indonesia kedepan.

Berdasar hal tersebut, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pemerintah Kabupaten Karangasem bekerjasama dengan KPU Kabupaten Karangasem mengadakan pendidikan politik bagi partai politik, pada Rabu (24/05/2017) kemarin. Divisi SDM dan Parmas KPU Karangasem, I Gede Krisna Adi Widana, sebagai narasumber memberikan ceramah mengenai peran penting Pemilu, khususnya pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak.

Bertempat di di Aula Kantor Kearsipan, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Karangasem, Kegiatan ceramah pendidikan politik diikuti kurang lebih 60 orang peserta dari parpol,. Selain KPU, turut pula hadir penceramah lain dari juga dihadiri Inspektorat Daerah, Bagian keuangan, Kodim, Polres dan jajaran Partai politik di Karangasem

 I Gede Krisna Adi Widana menilai ceramah pendidikan politik di Kabupaten Karangasem ini bagus untuk aktifitas demokrasi ditingkat daerah. “Kegiatan ceramah ini sangat positif. Adanya pendidikan politik dan pemahaman etika politik bagi masyarakat dalam kegiatan demokrasi,” ujar Krisna.

Dalam ceramah pendidikan politik, Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Karangasem menghimbau agar masyarakat tidak antipati terhadap politik. Nantinya, lanjut Krisna, praktek politik dalam bentuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak akan berjalan dengan demokratis.

Tujuan untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa melalui perhelatan pemungutan suara dibutuhkan hubungan sinergitas antara negara dan masyarakat dimana masyarakat mampu melakukan bargaining demi kepentingan masyarakat itu sendiri secara luas. Disisi lain, kekuatan pemerintah tetap akan mendapatkan legitimasi dan kepercayaan yang kuat dari masyarakat. “Mendidik pemilih untuk bersikap rasional adalah sesuatu yang mutlak bagi kelangsungan demokrasi,”ujar Divisi SDM Parmas KPU Kabupaten Karangasem, I Gede Krisna Adi Widana dalam paparanya di depan petinggi Partai Politik.


Oleh : kpukarangasem | 24 Mei 2017 | Dibaca : 832 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
KPUKarangasem Skype Meâ„¢!
Skype Meâ„¢!
Jajak Pendapat
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Resmi KPU Karangasem?
Twitter