Baca Berita

"Goes To School". SOSILISASI DI SMA N 1 SIDEMEN

Oleh : kpukarangasem | 11 Mei 2018 | Dibaca : 1472 Pengunjung

(Divisi Parmas & SDM) Anggota Komisioner KPU Kabupaten Karangasem Divisi Sosialisasi, I Gede Krisna Adi Widana,  mengisi Acara Sosialisasi di SMA Negeri 1 Sidemen, Jumat (11/05). Kehadiran beliau bersama Kasubag Teknis dan Hupmas, I Nyoman Orta Susila beserta Staf, Ni Komang Puspawati dan Ni Luh Eka sebagai pembicara pada acara sosialisasi bertajuk “ Pemilu dan Pemilih Pemula “

“Para pelajar sangat antusias, mungkin karena kali pertama memilih. Di beberapa pemilu, baik itu legislatif maupun kepala daerah, rata-rata 80 persen pemilih pemula di Karangasem menggunakan hak suaranya. Tingginya antusias pemilih pemula bisa meningkatkan kesuksesan Pilgub Bali 27 Juni 2018,” Ujar Krisna.

Dalam kesempatan itu Krisna Adi Widana menyampaikan arti Pemilu dan manfaat Pemilu, pemilih pemula dianggap penting karena 15 (Lima Belas) persen total suara disumbang dari suara mereka. “ Sebagai pemilih pemula, harus diketahui betapa pentingnya menyalurkan hak politik pada saat pemilu, sebab satu suara ikut andil dalam menentukan nasib lima tahun ke depan”kata Krisna Adi Widana.

Salah satu kegiatan sosialisasi yang mendapat respon baik dari masyarakat adalah "Goes To School". Kegiatan tersebut diisi dialog interaktif antara pihak penyelenggara (KPU dan Jajaran) dengan para siswa di sekolah

Kemudian lanjutnya, menjadi pemilih tidak hanya sekedar mencoblos, tetapi menjadi pemilih yang mengetahui Visi dan Misi serta Program, bukan karena ikut-ikutan semata dan yang paling penting adalah menekankan prinsip tidak untuk Money Politik kepada siswa.

“Mereka perlu didorong untuk antusias datang ke tempat pemungutan suara guna memilih partai politik atau calon-calon pemimpin sesuai dengan aspirasinya, tidak golput atau tidak memberikan suara pada pemilu dan termakan ajakan politik uang,” terang Krisna di kantor KPU.

 “Pemilih pemula juga perlu diperkenalkan dengan nilai-nilai demokrasi di balik proses Pemilu. Artinya, antusias untuk memilih saja tidak cukup jika antusiasme untuk memilih ini tidak diimbangi dengan pengetahuan dan kesadaran untuk menggunakan hak pilih secara tepat dan berintegritas,” pungkas Krisna sambil tersenyum.


Oleh : kpukarangasem | 11 Mei 2018 | Dibaca : 1472 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
KPUKarangasem Skype Meâ„¢!
Skype Meâ„¢!
Jajak Pendapat
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Resmi KPU Karangasem?
Twitter